04. Sertifikasi profesi di bidang IT

    Hallo Semua! Ketemu lagi dengan Saya Febrianto Noto Negoro. Kali ini kita akan membahas mengenai Sertifikasi di Bidang IT. Nah, langsung saja kita ke pembahasannya.




SERTIFIKASI IT PROFESIONAL

http://blog.id.jobplanet.com/sertifikasi-profesi-it-solusi-nyata-kebutuhan-lapangan-kerja-ti-di-indonesia/



Sertifikasi adalah penetapan yang diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi terhadap seseorang bahwa orang tersebut telah memenuhi standar kompetensi tertentu. Sertifikasi profesi diberikan kepada seseorang untuk memperoleh pengakuan terhadap kompetensi atau keahlian khusus. Dan Sertifikasi Profesional digunakan untuk menunjukkan kemampuan atau kualifikasi seseorang berdasarkan atribut atau kriteria yang tertentu.
Jadi, Sertifikasi IT adalah proses yang menunjukkan pembuktian seseorang memiliki kompetensi profesional dalam aspek teknologi tertentu. Sedangkan sertifikat IT adalah bukti bahwa seseorang telah memiliki kompetensi bidang IT tertentu. Biasanya sertifikat IT mewakili vendor tertentu atau bahkan lintas vendor.




PENTINGNYA SERTIFIKASI 

  • Sebagai bukti pengakuan terhadap kompotensi yang dimiliki.
  • Memenuhi kebutuhan tenaga kerja TI dengan kompetensi yang lebih spesifik.
  • Selalu mengikuti perkembangan di bidang TI.
  • Adanya standar kompetensi untuk menilai kemampuan (skill).


KEUNTUNGAN SERTIFIKASI BAGI INDIVIDU

  • meningkatkan kredibilitas.
  • Rasa kepercayaan diri yang tinggi.
  • Menambah pengalaman.
  • Meningkatkan posisi dan reputasi.
  • Memiliki keunggulan kompetitif dibanding kandidat tanpa sertifikasi. 
  • Memiliki potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi. 
  • Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.



KEUNTUNGAN SERTIFIKASI BAGI BISNIS/PERUSAHAAN

  • 75 % Manajer TI percaya bahwa sertifikasi penting untuk kinerja tim.
  • Perusahaan dapat menggunakan sertifikasi IT untuk investasi , mempertahankan dan mempromosikan karyawan yang menjanjikan.
  • Sertifikasi IT yang dimiliki karyawan akan meningkatkan keseluruhan kualitas layanan yang ditawarkan kepada pengguna jasa IT.
  • Teknisi yang bersertifikat melaksanakan tugas secara lebih konsisten meningkatkan kehandalan IT dan organisasi.





TUJUAN SERTIFIKASI BIDANG TI

  • Menciptakan tenaga praktisi bidang TI yang berkualitas.
  • Membangun standar kerja bidang TI yang tinggi.
  • Mengembangkan profesional TI yang berkesinambungan. 
  • Memastikan dan memelihara kompetensi yang telah didapat melalui proses pembelajaran.



DAMPAK INTERNAL SERTIFIKASI  

  1. pengakuan akan pengetahuan yang kaya
  2. Perencanaan karir
  3. Pengembangan profesi
  4. Meningkatkan karir di kancah global (internasional)


DAMPAK EKSTERNAL SERTIFIKASI 

  1. Memiliki staf yang up to date dan berkualitas tinggi.
  2. Memperoleh citra perusahaan yang baik.
  3. meningkatkan produktifitas secara mikro maupun makro.
  4. Menaikkan pengakuan industri dan secara intenasional.
  5. memberikan alur profesi yang jelas.
  6. Memberikan suatu mekanisme pusat pelatihan.
  7. Membantu proses pencarian tenaga IT profesional.
  8. Mendorong pegawai melakukan proses belajar lebih lanjut.











~and~



Mungkin cukup sekian resume dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan pengetikan ataupun kurangnya informasi yang bisa disampaikan. Untuk saat ini hanya sebataas inilah yang bisa saya sampaikan dalam blog ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terimakasih.








Komentar